Selasa, 10 Mei 2016

Cara Alami Meredakan Kram Perut Saat Haid dengan Makanan

Cara Alami Meredakan Kram Perut Saat Haid dengan MakananFoto: thinkstock
Jakarta - Kram perut kerap kali dialami wanita menjelang dan di hari-hari pertama periode menstruasi. Rasa nyeri pada perut bisa mengganggu aktivitas keseharian, bahkan pada beberapa wanita sakitnya bisa tak tertahankan hingga sulit bergerak.

Rasa nyeri dan kram pada perut bisa diatasi dengan minum pil pereda sakit atau jamu untuk memperlancar haid. Namun ketimbang minum obat yang mengandung bahan kimia, sebenarnya ada cara alami untuk meredakan gangguan saat menstruasi.

Jennifer Wider, MD, juru bicara Society of Women's Health Research, seperti dikutip dari Woman's Day mengatakan, beberapa jenis vitamin dan mineral yang bisa meredakan sakit kepala dan sakit perut, juga efektif untuk meringankan gejala PMS. Beberapa diantaranya kram perut dan mood yang naik-turun.

Kalsium bisa meringankan kram akibat PMS sementara vitamin D bisa memperbaiki mood yang negatif jadi lebih ceria. Kalsium bisa didapatkan dari susu, keju, yoghurt, brokoli. Untuk asupan vitamin D bisa diraih dengan konsumsi telur dan ikan-ikanan. Perbanyak juga asupan magnesium untuk mengatasi sakit pada otot di sekitar perut akibat menstruasi, dari sayuran berdaun hijau, kedelai dan alpukat.

Jennifer juga menyarankan untuk menambah asupan vitamin B kompleks seperti B12, B6 dan folic acid yang juga berfungsi meringankan kram dan nafsu makan berlebih. Vitamin B kompleks bisa dipenuhi dengan mengonsumsi daging merah, almond, bayam, telur dan daging ayam.(hst/hst)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar